Uji Pearson Product Moment dan Asumsi Klasik

Uji Pearson Product Moment dan Asumsi Klasik


Uji Pearson Product Moment adalah salah satu dari beberapa jenis uji korelasi yang digunakan untuk mengetahui derajat keeratan hubungan 2 variabel yang berskala interval atau rasio, di mana dengan uji ini akan mengembalikan nilai koefisien korelasi yang nilainya berkisar antara -1, 0 dan 1. Nilai -1 artinya terdapat korelasi negatif yang sempurna, 0 artinya tidak ada korelasi dan nilai 1 berarti ada korelasi positif yang sempurna.


Rentang dari koefisien korelasi yang berkisar antara -1, 0 dan 1 tersebut dapat disimpulkan bahwa apabila semakin mendekati nilai 1 atau -1 maka hubungan makin erat, sedangkan jika semakin mendekati 0 maka hubungan semakin lemah.


Koefisien Korelasi Pearson Product Moment


Berikut Tabel klasifikasi nilai koefisien korelasi r pearson:


Uji Pearson Product Moment dan Asumsi Klasik Uji Pearson Product Moment dan Asumsi Klasik
Tabel Klasifikasi Koefisien Pearson

Berdasarkan tabel di atas, dapat kami jelaskan tentang nilai koefisien korelasi uji pearson product moment dan makna keeratannya dalam sebuah analisis statistik atau analisis data. Berikut penjelasannya:



  1. Nilai koefisien 0 = Tidak ada hubungan sama sekali (jarang terjadi),

  2. Nilai koefisien 1 = Hubungan sempurna (jarang terjadi),

  3. Nilai koefisien > 0 sd < 0,2 = Hubungan sangat rendah atau sangat lemah,

  4. Nilai koefisien 0,2 sd < 0,4 = Hubungan rendah atau lemah,

  5. Nilai koefisien 0,4 sd < 0,6 = Hubungan cukup besar atau cukup kuat,

  6. Nilai koefisien 0,6 sd < 0,8 = Hubungan besar atau kuat,

  7. Nilai koefisien 0,8 sd < 1 = Hubungan sangat besar atau sangat kuat.

  8. Nilai negatif berarti menentukan arah hubungan, misal: koefisien korelasi antara penghasilan dan berat badan bernilai -0,5. Artinya semakin tinggi nilai penghasilan seseorang maka semakin rendah berat badannya dengan besarnya keeratan hubungan sebesar 0,5 atau cukup kuat (lihat tabel di atas).


Rumus Uji Pearson Product Moment


Agar anda bisa menghitung uji pearson product moment secara manual, maka kenali rumus uji pearson product moment terlebih dahulu. Berikut adalah rumus uji pearson product moment tersebut:


Uji Pearson Product Moment dan Asumsi Klasik Uji Pearson Product Moment dan Asumsi Klasik
Uji Pearson Product Moment

Di mana:



  • rxy: koefisien korelasi r pearson

  • n: jumlah sampel/observasi

  • x: variabel bebas/variabel pertama

  • y: variabel terikat/variabel kedua.


Signifikansi Atau P Value Uji Pearson Product Moment


Pengujian lanjutan untuk menentukan apakah koefisien korelasi yang didapat bisa digunakan untuk generalisasi atau mewakili populasi, maka digunakan uji signifikansi dari uji t. Maka nilai r pearson yang didapat digunakan untuk menghitung nilai t hitung. Berikut rumusnya:


Uji Pearson Product Moment dan Asumsi Klasik Uji Pearson Product Moment dan Asumsi Klasik
rumus t hitung

Nilai t hitung yang di dapat nantinya kita bandingkan dengan nilai t tabel. Apabila t hitung > t tabel pada derajat kepercayaan tertentu, misal 95 % maka berarti signifikan atau bermakna.


Asumsi Klasik Uji Pearson Product Moment


Syarat atau Asumsi klasik untuk uji pearson antara lain: Linearitas, Normalitas, Heteroskedastisitas. Untuk mengerti asumsi klasik di atas, silahkan baca artikel kami yang relevan dengan asumsi tersebut.


Demikian artikel kami tentang uji pearson product moment, semoga bermanfaat bagi para pembaca. Salam hangat dan terima kasih.


By Anwar Hidayat


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Uji Pearson Product Moment dan Asumsi Klasik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel